"Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya." Q.S. al-Kahfi: 17

Dalam kehidupan dunia ini, Allah menegaskan dalam Al-Qur'an Surat al-Kahfi: 17 bahwa tidak ada satupun manusia di dunia yang bisa membuat atau menjadikan manusia lainnya untuk beriman kepada Allah SWT, kita bisa belajar kepada Nabi-nabi terdahulu, mulai Nabi Adam tidak bisa membuat beriman semua anaknya, begitu juga Nabi Nuh dan Nabi Musa bahkan sampai Nabi junjungan kita ialah Nabi Muhammad SAW, tidak mampu membuat atau menjadikan manusia lain beriman kepada Allah.

Allah pernah menegur dan menghibur Nabi Muhammad SAW saat bersedih, karena sampai meninggal pamannya sendiri yaitu Abu Tholib belum beriman kepada Allah SWT.

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. Q.S. Al Qashash: 28 : 56.

Tugas sesama manusia hanyalah saling mengingatkan hal kebaikan dan berlomba-lomba dalam kebaikan dan keimanan, untuk urusan hidayah adalah hak prerogatif Allah SWT. Jadi kita tidak bisa menuduh dan menilai keimanan manusia lain, ada istilah "sesama murid tidak bisa mengisi raport temannya". 

Manusia adalah makhluk kemungkinan yang imannya selalu naik turun, salah satu cara menjaganya adalah dengan memperbanyak Silaturahmi, berkumpul atau Seduluran yang dilandasi hanya karena Allah SWT. Al-Mutahabbina Fillah rasa sambung sedulur karena Allah semata.

Mari berkumpul, jagongan, ngopi bareng untuk mempererat seduluran, saling mengingatkan dalam kebaikan dan berbagi pengalaman tanpa mempermasalahkan kebenaran masing-masing, semakin banyak pengalaman yang disampaikan semakin banyak pula sudut pandang kebenaran, sehingga kebeneran masing-masing menjadi semakin presisi.

Redaksi
Author: Redaksi
Redaktur penulisan website resmi majelis masyarakat maiyah Waro' Kaprawiran